Senin, 14 Oktober 2019

Teori Pemasaran


Teori Pemasaran

Pemasarann merupan hal sangat penting dalam dunia usaha. Jangan sampai usaha kita gagal karena pemasaran prodak yang gagal.pemasaran tidak dapat dilakukan sembarangan. Pemasan mempunyaia sebuah teori yang disebut teori pemasaran.

Teori Pemasaran di bagi menjadi 2 yaitu:
1.       Manajemen Pemasaran
2.       Kepuasan Konsumen

Manajemen pemasaran
*      Pemasaran
         Kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran
  1. Kebutuhan manusia
Keadaan seperti perasaan kehilangan dalam diri seseorang.
  1. Keinginan manusia
Bentuk yang berasal dari kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
Manajemen Pemasaran
Analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang direncanakan untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasional.
Knsep pemasaran
*      Orientasi pada konsumen
Ø  Perusahaan harus menentukan kebutuhan pokok konsumen, menentukan produk dan program pemasaran, kelompok sasaran penjualan.
*      Integritas pemasaran
Ø  Agar perusahaan tanggap dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan yaitu  dengan analisis pasar,
*      Kepuasan konsumen
Ø  Eksistensi dan kemampuan perusahaan mendapatkan laba dalam jangka panjang, secara tidak langsung dipengaruhi oleh perusahaan tersebut dalam memuaskan kebutuhan konsumen.
*      Pemasaran Jasa
Ø  Jasa adalah setiap tindakan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud, tidak terpisahkan, bervariasi dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun
Kepuasan Pelanggan
ü  Tingkat pemasaran seseorang setelah membandingkan (kerja atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya.
*      Nilai Pelanggan
Ø  Prinsipnya tugas paling utama dari suatu perusahaan adalah “menciptakan pelanggan”.
*      Konsep Kepuasan Pelanggan
                kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada    pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa yang berkualitas dengan harga yang          bersaing
*      Teori Kepuasan Pelanggan
                Teori mikro : perbandingan  antara kegunaan marginal dan harga masing-masing               menjadi sama
*      Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Ø  Sistem keluhan dan sasaran
Ø  Ghost sopping
Ø  Lost Customer Analysis
Ø  Survey kepuasan pelanggan
*      Teknik Pengukuran Kepuasan pelanggan
Ø  Langsung pertanyaan kepuasan
Ø  Pertanyaan seberapa besar harapan
Ø  Menuliskan masalah2 yang dihadapi
Ø  Merangking berbagai elemen yang ditawarkan
*      Strategi Kepuasan Pelanggan
Strategi ofensif : untuk meraih pelanggan yang baru
Strategi defensif : usaha mengurangi kemungkinan customer beralih
*      Mempertahankan Pelanggan
Teori bisnis “ember bocor” : selalu ada cukup pelanggan untuk menggantikan pelanggan yang hilang
*      Penentu Harapan Pelanggan
Ø  Enduring Service Intensifiers
Ø  Personal Needs
Ø  Transitory Service Intensifiers
Ø  Perceived Service Alternatives
Ø  Self-Perceinved Service Role
Ø  Situational Factors
Ø  Expicit Service Promises
Ø  Implisit Service Promises
Ø  Word of Mounth
Ø  Past Experience

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Cara Membuat Diagram Di Excel

Dalam dunia kerja tentu ada kalanya ketika kita diminta untuk menaplikan data dalam bentuk yang berbeda agar atsan dapat mengetahui pergerak...